Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial agar Foto Whatsapp Tidak Terunduh dan Tampil Otomatis di Galeri.

Gambar yang dikirim lewat Whatsapp – meliputi pesan personal atau pesan berantai dari grup – akan secara otomatis terunduh dan tersimpan di dalam memori galeri. Gambar-gambar tersebut secara default (bawaan) akan tersimpan di dalam folder bernama Whatsapp Image. Bisa dibayangkan, berapa banyak foto, baik yang penting maupun tidak penting, yang akan masuk ke dalam galeri dan memakan kapasitas atau space memori smartphone kita. 


Bagi sebagian orang, hal itu mungkin akan sangat menggaggu. Karena, ruang penyimpanan di galeri punya batas daya tampung. Jika setiap hari terus disesaki dan dibanjiri foto kiriman dari Whatsapp maka lambat laun kinerja smartphone juga akan melambat dan terganggu. Akan sangat merepotkan jika setiap hari kita dibebani tugas tambahan untuk menghapus gambar atau foto satu persatu.

Untuk mengatasi masalah ini, kita cukup mengubah beberapa setelan bawaan yang diberikan oleh Whatsapps dengan menggunakan dua metode : 

1.  Menonaktifkan Otomatisasi Pengunduhan Media.
Cara ini akan membuat semua media, entah itu Foto, Audio, Video dan Dokumen tidak terunduh otomatis. Sehingga kita bisa melakukan filter media mana saja yang dianggap penting dan ingin disimpan.  


Caranya cukup mudah. Buka Setelan > Data dan penyimpanan > Unduh otomatis media.
Di bagian Unduh otomatis media, ada tiga submenu pilihan, yaitu : Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung ke Wi-Fi, dan Saat roaming.  Silahkan klik masing-masing tiga bagian tersebut dan hilangkan centang/ceklisnya untuk Foto. Maka, foto atau gambar tidak akan terunduh secara otomatis lagi. Hal ini juga berlaku untuk media lain seperti Audio, Video dan Dokumen jika kita membuang ceklisnya. 

2.  Menonaktifkan Media Tampil di Galeri.
Cara yang kedua ini merupakan kebalikan dari cara yang pertama. Kita bisa tetap memperbolehkan Media terunduh otomatis, tapi tidak akan tersimpan dan muncul di galeri atau memori telpon. 


Caranya : Pergi ke Setelan > Chat > Setelan chat. Geser tombol di bagian Tampilkan media ke sebelah kiri. 

Metode kedua ini punya kelemahan, ketika pesan dari si pengirim terhapus maka kita tidak akan punya salinan data yang tersimpan secara offline di memori telpon. Berbeda dengan cara pertama di mana kita tetap bisa menyimpan media dan melakukan seleksi sebelum disimpan ke memori telpon. 

Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi pembaca yang budiman. Amin.


Mahfud
Mahfud Penggemar fanatik Naruto dan Dragon Ball. Suka ngopi dan buku-buku fiksi.

Post a Comment for "Tutorial agar Foto Whatsapp Tidak Terunduh dan Tampil Otomatis di Galeri. "