Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segudang Manfaat Daun Kelor untuk Menjaga Imunitas

Di tengah merebaknya wabah virus Corona atau covid-19, banyak masyarakat Indonesia yang mulai sadar betapa pentingnya mengonsumsi jamu tradisional. Dengan mengonsumsi jamu tradisional dipercaya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh atau imunitas, selain juga tetap rajin berolahraga dan menerapkan hidup bersih dan sehat. 


Di samping mengonsumsi jamu, ada alternatif lain yang bisa kita lakukan untuk merawat kesehatan badan agar tetap prima, salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor. 

Daun kelor atau Moringa Oleifera dalam istilah latinnya, dikenal memiliki segudang manfaat. Di tempat saya tinggal, Pamekasan (Madura), tanaman ini banyak sekali dan biasanya tumbuh liar di sekitar rumah. 

Jika di tempat lain ada mitos bahwa daun kelor dipercaya mampu mengusir hantu atau setan, justru masyarakat Madura pada umumnya memanfaatkan daun kelor menjadi olahan sayur sop, atau oleh masyarakat setempat familiar dengan sebutan ghengan marongghih. Ghengan marongghih ini biasa disajikan dengan nasi jagung sebagai makanan pokok sehari-hari masyarakat Madura karena cara mengolahnya relatif mudah, sederhana, dan gampang didapat. 

Tidak hanya dapat diolah sebagai sayuran sop, daun kelor juga bisa dikreasikan dalam bentuk olahan lain. Sebagaimana yang dilakukan oleh sekelompok siswa SMK di Banjarnegara, Jawa Tengah, yang menyulap daun kelor menjadi minum sehat dalam bentuk cendol dawet. 

Lalu, apa sebenarnya yang membuat daun kelor istimewa dan banyak dicari di tengah pandemi virus Corona saat ini? Menurut ahli kesehatan keluarga, dr. Ferihana, dikutip dari laman Republika, menuturkan bahwa daun kelor memiliki kandungan protein 30 kali lipat lebih banyak dibandingkan sayuran lain. Menurut beliau, mengonsumsi daun kelor baik untuk kesehatan. Terutama untuk menjaga kekebalan tubuh dari virus. 

Sebagaimana juga dirangkum dari Kompas, beberapa penelitian menggungkapkan temuan daftar manfaat dari daun kelor, di antaranya :

1.   Memberikan nutrisi untuk tubuh 
Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang telah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut:
> Protein: 2 gram Vitamin B6: 19% dari rekomendasi konsumsi harian.
> Vitamin C: 12% dari rekomendasi konsumsi harian.
> Zat besi: 11% dari rekomendasi konsumsi harian.
> Riboflavin (vitamin B2): 11% dari rekomendasi konsumsi harian.
> Vitamin A: 9% dari rekomendasi konsumsi harian.
> Magnesium: 8% dari rekomendasi konsumsi harian.

2.   Kaya akan antioksidan
3.   Membantu menurunkan kadar gula darah
4.   Membantu meredakan peradangan
5.   Menurunkan kolesterol
6.   Membantu mengatasi kanker
7.   Baik untuk daya ingat
8.   Baik untuk jantung
9.   Mencegah anemia
10. Berpotensi mengatasi infeksi bakteri.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa kita dapat dari mengonsumsi daun kelor. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan semoga pandemi virus korona ini cepat berlalu. Amin.
 
Mahfud
Mahfud Penggemar fanatik Naruto dan Dragon Ball. Suka ngopi dan buku-buku fiksi.

2 comments for "Segudang Manfaat Daun Kelor untuk Menjaga Imunitas"

  1. Terus di cari ni. Aku suka bgt yang alami begini. Terima kasih for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak, yang alami lebih sehat.

      Delete