Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Channel Youtube Untuk Membuat Vektor Bagi Pemula



Vektor adalah teknik menggambar sebuah objek kartun menggunakan tool atau software desain grafis. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk menggambar vektor. Kita bisa menggunakan aplikasi seperti : Corel draw, Adobe illustrator, Infinite design dan masih banyak lagi.  

Awal perkenalan saya dengan vektor terjadi 2014 silam. Ketertarikan saya untuk belajar vektor timbul karena melihat foto kartun wajah teman di Facebook.  Waktu itu, saya langsung belajar dasar pembuatan gambar vektor secara autodidak dari tutorial di YouTube. Belajar membuat vektor sebenarnya tidaklah mudah. Butuh kesabaran, kejelian dan ketekunan.

Setelah beberapa tahun vakum dan menyerah karena merasa tidak punya bakat dalam membuat vektor, akhirnya selesai lebaran 2019 kemarin saya belajar lagi. Alhamdulillah, setelah melewati tujuh bulan yang panjang, sudah ada belasan vektor orderan dari teman-teman dekat yang saya buat. Yap, walaupun yang order banyak yang minta gratisan. Padahal untuk membuat satu vektor wajah saja saya bisa menghabiskan waktu 4-6 jam di depan laptop.

Di bawah ini hasil vektor foto saya pribadi dari waktu masih baru belajar sampai saya buat ulang belakangan ini setelah mengalami banyak kemajuan karena proses belajar secara terus menerus.

Bagi teman-teman yang punya keinginan untuk belajar dan ingin memperdalam vektor, dua channel youtube di bawah ini mungkin bisa menjadi rujukan.
1.       Ndop.

Channel ini dibuat Agustus 2006 oleh Mas Dzofar (Muhammad Ali Mudzhoffar) asal Nganjuk, Jawa Timur.  Dari channel inilah saya pertama kali belajar membuat vektor. Di videonya yang berjudul “TUTORIAL COREL DRAW: DASAR-DASAR VECTOR” saya mendapat pelajaran yang mendasar mengenai vektor. Mulai dari cara memotong, menggabung dan mewarnai sebuah objek.  

Namun, belakangan saya cek, channelnya sudah jarang update tutorial vektor. Meskipun di beberapa videonya masih bisa kita temui beberapa tutorial vektor yang diuload beberapa tahun silam.

2.        Raden Desain.

Channel ini dibangun sejak Agustus 2018 oleh Mas Nurdiansyah asal Kangean, Sumenep (Madura). Memuat 137 video dengan jumlah pengikut sebanyak 39,8 subscriber. Berkat channel ini saya kembali menekuni vektor dan mengalami perkembangan yang signifikan.

Salah satu kelebihan tutorial yang dimiliki channel ini dan tidak dimiliki channel lain adalah penjelasannya yang detail dan mendalam. Untuk pembuatan vektor wajah saja dibuat per bagian. Mulai dari shadding mata, hidung, bibir sampai rambut dijelaskan dalam tutorial yang terpisah. Channel ini cocok sekali untuk kamu yang ingin belajar vektor dari nol.

Demikianlah artikel tentang rekomendasi dua channel youtube untuk membuat vektor bagi pemula.
Semoga Bermanfaat.

Mahfud
Mahfud Penggemar fanatik Naruto dan Dragon Ball. Suka ngopi dan buku-buku fiksi.

4 comments for "Rekomendasi Channel Youtube Untuk Membuat Vektor Bagi Pemula"

  1. Nah, saya juga kadang suka sama gambar vektor, tapi kadang sulit juga mas, harus sabar dan teliti. Dulu pernah mencoba tapi keburu bosen soalnya gagal trs wkwkwk. Jadi ingin belajar lagi membuat gambar vektor kalau liat postingan ini. apalagi ada 2 channel yg bsa buat belajarnya. mksh mas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas bener. Saya juga sempat vakum 5 tahun lamanya. Channel dari Raden Design itu sangat recomended, mas. Sampai sekrang beliau juga masih selalu update upload video seputar vektor.

      Delete
  2. Ulasannya menarik dan bermanfaat. Sukses selalu!

    ReplyDelete