Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Proteksi Dokumen Penting Ms. Word 2020.



Setiap orang pasti punya file atau dokumen penting yang sangat berharga yang isinya mungkin tidak ingin diakses dan dibagi kepada orang lain. File penting tersebut bisa milik pribadi atau mungkin sebuah instansi.

Jika format filenya berupa Ms. Word kita bisa membatasi aksesnya dari orang lain dengan menerapkan proteksi menggunakan enkripsi atau password.

Proteksi menggunakan password ini bisa kita lakukan untuk membatasi sebagian akses atau secara menyeluruh. Yang dimaksud sebagian di sini ; orang lain tetap bisa melihat dan mengakses isi dokumen tapi tidak bisa menambah atau mengurangi – termasuk menyalin (melakukan copy-paste) - konten di dalam dokumen. Sementara membatasi akses secara menyeluruh adalah sebaliknya, di mana orang lain dibatasi sepenuhnya dan tidak diperkenankan untuk melihat isi dokumen.


Artikel kali ini kita akan membedah dua cara memproteksi atau membatasi akses sebuah dokumen. Metode ini bisa kita implementasikan untuk semua versi Ms. Word, mulai dari Ms. Word 2007, 2010, 2016 sampai yang teranyar 2019. 

Cara Pertama (Menonaktifkan Copy-Paste)
Cara ini hanya menonaktifkan beberapa fungsi seperti copy-paste, dan beberapa fitur penting di Menu Bar yang biasanya berfungsi untuk melakukan editing. Dalam praktiknya hal ini bisa kita terapkan jika ingin menerbitkan sebuah jurnal, di mana orang lain bisa tetap mengambil manfaat dari jurnal tersebut tanpa bisa melakukan editing. 


Berikut langkah-langkanya :
1.      Pilih Review di Menu bar.

2.      Pilih Restrict Editing. Di sidebar sebelah kanan centang box Allow only this type of editing in the document. Tekan tanda panah ke bawah pilih Filling in Forms, Lalu tekan Yes, Star Enforcing Protection.

3.      Kemudian masukkan sebuah password. Buatlah password sekuat mungkin dengan menggunakan kombinasi angka, karakter dengan huruf besar dan kecil. Lalu tekan OK

Hasilnya bisa dilihat dengan melihat tangkapan layar di bawah ini.


Cara Kedua (Proteksi Penuh)
Metode kedua ini untuk melindungi dokumen secara utuh karena mungkin dokumen tersebut memuat database karyawan sebuah kantor  atau daftar email dan kata sandi milik pribadi.

Simak langkah-langkahnya di bawah ini :
1.      Pilih File > Info > Protect Document > Encrypt with Password (cara ini berlaku untuk Ms Word versi 2010 ke atas).

2.      Selanjutnya masukkan password sesuai keinginan masing-masing. Tekan OK lalu masukkan ulang password yang tadi. Pilih OK lagi.


Untuk versi Ms. Word 2007 cara mengimplementasikannya sedikit berbeda.
1.      Pilih icon Microsoft Office di pojok kiri atas.

2.      Kemudian pilih Prepare > Encrypt Document > Masukkan password sebanyak dua kali. Tekan OK.
3.      Simpan dan tutup dokumen.

Setiap kali akan masuk dan mengakses dokumen tersebut kita akan diminta untuk mengisikan password. 

Demikian artikel Metode Proteksi Dokumen Penting Ms. Word menggunakan password agar tidak diakses orang lain.
Semoga bermanfaat. Amin.


Mahfud
Mahfud Penggemar fanatik Naruto dan Dragon Ball. Suka ngopi dan buku-buku fiksi.

Post a Comment for "Metode Proteksi Dokumen Penting Ms. Word 2020."