Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengganti Background Foto Menggunakan Corel Draw


Harus kita akui bahwa background foto memiliki peran yang cukup penting dalam menunjang tampilan sebuah foto secara keseluruhan. Foto dengan objek yang bagus menjadi kurang menarik apabila memiliki latar belakang yang biasa-biasa saja. Maka, tidak heran jika banyak orang yang rela datang jauh-jauh ke tempat wisata hanya untuk mencari spot-spot yang bagus demi mendapatkan angle foto dan latar belakang yang atraktif dan enak dipandang. Namun, ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mendapat background yang cantik, yaitu menggantinya menggunakan bantuan aplikasi.

Di Corel Draw ada fasilitas bernama PowerClip yang bisa kita manfaatkan untuk memodifikasi background sebuah foto. Fitur ini berfungsi sebagai pemotong objek, gambar atau teks. Fitur ini juga sangat cocok digunakan jika kita hanya ingin menggunakan gambar atau objek di bagian tertentu.

Cara kerja PowerClip yaitu dengan memasukkan satu atau sekelompok objek ke dalam penampung atau wadah yang disebut container. Pada dasarnya, PowerClip akan membuat objek muncul dengan tampilan sebatas area tertentu yang dikendaki oleh penggunanya.
Sebagai contoh, lihatlah demo dua gambar di bawa ini.

Tampilan foto sebelum dan sesudah diganti backgroundnya.

Langkah-Langkah Mengubah Background Foto.
1. Terlebih dahulu siapkan foto yang ingin diganti atau diubah backgroundnya.

Tampilan awal foto sebelum diedit. 

2.  Selanjutnya beralihlah ke toolbox dan pilih Pen Tool. Selain Pen Tool kita juga bisa menggunakan Bezier Tool, sesuaikan dengan kebiasaan masing-masing.



3.  Lalu buatlah garis mengelilingi objek utama di mana kali kita menggunakan foto lelaki berambut gondrong sebagai objek utama. Garis yang dibuat oleh Pen Tool tadi akan digunakan untuk menyeleksi dan memisahkan objek foto dari backgroundya. Agar garis objeknya lebih kentara kita bisa mewarnainya dengan mengklik kanan panel warna di sebalah kanan. Misalnya, kita pilih warna kuning. 

Gambar utama yang sudah digaris dengan Pen Tool

4.  Untuk merapikan garis-garis tersebut agar lebih presisi, gunakanlah Shape Tool.

5.  Jika sudah rapi, klik tombol spasi di keyboard untuk menonaktifkan dan menghilangkan efek Shape Tool.

6.  Langkah selanjutnya yaitu menghilangkan background foto. Caranya klik dan pilih foto utama, kemudian ke menu bar, pilih Effects > PowerClip > Place Inside Container sampai muncul tanda panah ke kanan. Arahkan tanda panah tersebut ke objek atau garis yang sudah di buat menggunakan Pen Tool tadi.

7.  Lihat hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

8.  Tahap selanjutnya, buka foto yang ingin dijadikan background baru. Pilih File > Import. Agar foto background tersebut tidak menutupi foto utama, klik kanan foto yang ingin dijadikan latar belakang lalu pilih Order > Back One.
foto yang akan dijadikan background

9.  Kemudian atur foto utama dan sesuaikan ukurannya dengan foto background agar terlihat menarik. Untuk menghilangkan garis warna kuning dari gambar utama, silahkan klik kanan tanda X pada panel warna di sebelah kanan yang letaknya dibagian paling atas.
Gambar Final foto yang sudah diganti backgroundnya.

Sekian tutorial Mengganti Background menggunakan PowerClip di Corel Draw.
Semoga bermanfaat.
Mahfud
Mahfud Penggemar fanatik Naruto dan Dragon Ball. Suka ngopi dan buku-buku fiksi.

Post a Comment for "Mengganti Background Foto Menggunakan Corel Draw"