Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tiga Antivirus Gratis Terbaik 2020 untuk Windows 10


Beberapa bulan lalu, saya ditelpon oleh seorang teman karena file untuk presentasinya tiba-tiba tidak bisa dibuka. Dengan nada kesal dia menjelaskan bagaimana nasib sial itu bisa menimpa laptopnya. Awalnya, dia mengunduh sebuah aplikasi dan tanpa pikir panjang dia langsung menginstal program tersebut. 

Selang beberapa lama ekstensi file-file di laptopnya berubah. Sepertinya misalnya file Microsoft Word yang berekstensi DOC, DOCX, RTF berubah menjadi EXE. Perubahan ekstensi tersebut mengindikasikan bahwa PC atau Laptop sudah terinfeksi oleh virus dengan cara menduplikasi dan menyamarkan file aslinya. 

Penyebaran virus sebenarnya beragam selain memanfaatkan kode-kode jahat yang ditanamkan ke dalam sebuah aplikasi juga bisa melalui media eksternal seperti Flasdisk, dan CD yang sudah terinfeksi. Dan sayangnya banyak sebagian orang yang tidak peduli dan kurang waspada. Padahal dampak akibat cyber hacking seperti malware, Trojan dan virus bisa sangat fatal. 

Untuk mengantisipasi ancaman malware atau virus mau tidak mau menginstal antivirus merupakan sebuah keharusan. Ada banyak antivirus yang beredar di pasaran. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Bagi yang minim budget antivirus gratis bisa menjadi pilihan alternatif. Berikut ini tiga antivirus gratis yang kami rekomendasikan untuk kamu.

1. Kaspersky Security Cloud - Free
Sumber foto : downloadcrew.com
Dalam sebuah artikel yang dirilis oleh pcmag.com dan tomsguide.com Kaspersky berhasil menduduki posisi puncak untuk kategori antivirus gratis terbaik.

Antivirus dari “Negeri Beruang Merah” ini diciptakan oleh Eugene Kaspersky. Disamping karena user interface-nya yang simpel kemampuanya dalam mendeteksi virus dkk. juga sangat akurat. Dalam paket gratis ini kamu bisa mendapatkan fitur Kasperkersky Secure Connection dan Kaspersky Pasword manager. Untuk kebutuhan dasar Kaspersky mampu memberi perlindungan penuh dari serangan malware. 

Tidak hanya itu, ia juga memberi keamanan ketika berselancar di dunia maya dengan memblokir URL jahat yang berpotensi membahayakan Komputer.


Kelebihan: Skor sempurna atau hampir sempurna dari empat laboratorium pengujian independen. Skor sempurna dalam uji perlindungan phishing. Skor bagus dalam pengujian pemblokiran malware dan pemblokiran URL jahat. Dukungan untuk Android dan iOS. Gratis.

Kekurangan: Tidak ada dukungan teknis langsung.

Download Kaspersky Security Cloud- Free  

2. AVAST Free Antivirus
Sumber foto : softalead.net
Di posisi kedua ada Avast. Berdasarkan AV-Test - salah satu lab pengujian independen - antivirus ini selalu masuk nominasi sepuluh besar. Meskipun gratis, hasil pengujian dari segi performa dan kecepatan scanning, Avast mampu bersaing dengan antivirus berbayar.

Perlindungan yang ditawarkan antivirus ini juga cukup mempuni. Avast punya fitur web shield untuk memantau aktivitas browsing dan Game Mode untuk menunjang kenyamanan ketika bermain Game. Avast juga punya kemampuan realtime protection yang berfungsi memblokade virus sebelum berjalan dan menyebar di komputer.


Kelebihan : Skor sangat baik dari laboratorium pengujian independen dan tes langsung. Inspektur keamanan jaringan. Pengelola kata sandi. Termasuk perlindungan independen browser terhadap URL berbahaya. Banyak fitur bonus yang bermanfaat dan terkait keamanan. Gratis.


Kekurangan: Perlindungan penuh terhadap URL berbahaya hanya di Chrome dan Firefox. Pengelola kata sandi memiliki fitur terbatas dan tidak memerlukan kata sandi utama. Beberapa fitur bonus memerlukan pembelian terpisah.

Download Avast Free 

3.  AVG Free Antivirus

Sumber foto : antivirus-2020.com
Di posisi berikutnya ada AVG. Pada tahun 2016, Avast resmi mengakuisisi AVG. Sejak berada di bawah naungan Avast banyak perkembangan dan kemajuan yang dimiliki oleh AVG. Tidak berbeda jauh dari Avast, AVG juga selalu masuk sepuluh besar dalam pengujian dari AV-Test dan AV-Comparative. Salah satu kelebihan antivirus ini adalah proses Scaning yang cepat, punya fitur antispyware dan link scanner.

Kelebihan: Skor sangat baik dalam beberapa tes laboratorium independen dan tes langsung.
Kekurangan: Pemindaian awal lebih lambat dari rata-rata. Tidak lagi menawarkan ekstensi browser perlindungan web.

Download AVG Free 
Hal yang tidak kalah penting ketika memasang antivirus adalah melakukan update database sesering mungkin atau minimal seminggu dua kali agar virus-virus baru bisa teridentifikasi.
Demikianlah tiga antivirus yang kami rekomendasikan sebagai perisai keamanan PC atau Laptop dengan sistem operasi berbasis Windows 10. Semoga bermanfaat.
Mahfud
Mahfud Penggemar fanatik Naruto dan Dragon Ball. Suka ngopi dan buku-buku fiksi.

Post a Comment for "Tiga Antivirus Gratis Terbaik 2020 untuk Windows 10"